Apa kesamaan Ayrton Senna, Jeff Gordon, Michael Schumacher, Darrell Waltrip, Lewis Hamilton, Tony Stewart, Sebastian Vettel, dan Kyle Busch? Tentu saja, mereka semua adalah pembalap mobil yang sangat berbakat dan pemenang kejuaraan; kebanyakan dari mereka adalah yang terbaik sepanjang masa di bidangnya. Tetapi jika Anda menggali lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa mereka semua bermula di kart, seperti halnya sejumlah bintang Formula 1, NASCAR, dan SCCA lainnya.

Pada tahun 1956, Ingels merakit kreasi Spartannya terutama dari pipa baja bekas, dibaut ke mesin pemotong rumput West Bend, dan setelah menimbulkan kegemparan di lingkungannya, dia membawanya ke tempat parkir Rose Bowl yang terkenal di Pasadena, California. Kendaraan tunggal menarik banyak perhatian, dan tak lama kemudian, beberapa mesin serupa dibuat dan pertempuran dimulai.

Dua dari pengadopsi awal adalah Duffy Livingstone dan Roy Desbrow, yang merupakan mitra di toko knalpot terdekat dan tukang las terampil. Anggota ketiga dari grup tersebut, Bill Rowles, adalah sumber kelebihan motor dari mesin pemotong rumput West Bend yang digunakan. Trio ini mulai memproduksi go-kart secara komersial di GP Muffler dan segera menikmati kesuksesan di luar imajinasi terliar mereka.

Perhatian Media

Seni Tentang Bermain Gokarts

Nama “karts” diciptakan oleh Lynn Wineland, yang kemudian menjadi terkenal di bidang otomotif. Saat itu, Wineland sedang mengerjakan karya seni komersial lepas. Dia segera menjadi direktur seni majalah Rod & Custom, dan Wineland yang multi talenta kemudian naik pangkat untuk menjadi editor majalah. Akhirnya, dia memimpin kapal induk Robert E. Petersen, Hot Rod. Wineland juga dikatakan bertanggung jawab untuk menciptakan kata “minibike”.

Karena gokart semakin populer dan membuat tetangga jengkel, karting membutuhkan lebih dari sekadar tempat parkir Rose Bowl. Segera, olahraga pemula menemukan rumah di tempat parkir Pusat Perbelanjaan Eastland di West Covina. Tapi trek pertama yang dirancang khusus dibuat oleh Go Kart Manufacturing di Azusa.

Segera setelah itu, Frank dan Mary Adams membangun trek di pertanian mereka di dekat Riverside. Berkat keluarga yang melimpah dengan anak, cucu, dan cicit, fasilitas, yang sekarang dikenal sebagai Adams Motorsports Park, masih berkembang pesat. Selain kart, trek ini menyelenggarakan acara uji waktu, drift, dan roda dua.

Di Luar California

Akhir 1950-an dan awal 1960-an adalah hari-hari yang menyenangkan untuk gokart. Tak lama kemudian, lebih dari 30 pabrikan diperkirakan memproduksi kit dan kart, dengan olahraga meledak melampaui akarnya di California Selatan. Acara kejuaraan nasional didirikan oleh Asosiasi Kart Amerika Utara di Rockford, Illinois, dan tempat-tempat lain datang untuk menjadi tuan rumah bagi para elit karting yang bersaing.

Salah satu yang paling terkenal adalah Mickey Rupp dari Mansfield, Ohio. Selain memenangkan sejumlah balapan kart, ia kemudian berkompetisi di seri Mobil Kejuaraan USAC pada pertengahan 1960-an dan menempati posisi keenam di Indianapolis 500.

Yang lebih penting, mungkin, dia mendirikan Rupp Manufacturing, yang pernah menjadi pembangun paling produktif dalam olahraga yang masih muda. Produk awal Rupp dikenal sebagai Dart Karts, dan model lainnya mengikuti, termasuk A-Bone, Lancer dan Monza Jr. Perusahaan berkembang ke minibike, mobil salju dan kendaraan lain, akhirnya berkembang untuk mempekerjakan lebih dari 800 orang-orang.

Pembalap lain yang menyentuh Indy 500 dan dunia karting adalah Jim Rathmann, pemenang lomba I960 di Brickyard dan tiga kali runner-up. Rathmann yang serba guna juga merupakan salah satu spesialis lintasan oval pertama yang mencoba kemampuannya di balap jalanan, berpartisipasi dalam acara Sebring 12 jam beberapa kali di Corvette yang memenangi kelas.

Kart Xterminator milik Jim Rathmann Racing Equipment keluar dari Dallas dan memenangkan beberapa kejuaraan besar pada awal 1960. Mesin ini memelopori teknologi seperti rangka aluminium. Juga, sementara sebagian besar kart pada masa itu menggunakan kemudi rudimenter yang terdiri dari lengan di dasar kolom yang dihubungkan langsung ke as melalui linkage, Rathmann Xterminator memiliki konfigurasi rak dan pinion asli.

Beralih dari satu titik ekstrem ke ekstrem lainnya, alih-alih memiliki rem titik di poros belakang, Xterminator memiliki tanda besar yang memberikan gesekan langsung ke ban belakang. Meskipun tidak semulus rem cakram, pengaturan keausan dianggap sangat efektif dan dikatakan memungkinkan pengemudi untuk melangkah lebih jauh ke tikungan.

Share Post

By Admin